Kamis, 22 Januari 2015

TRADISI KEAGAMAAN DAN SIKAP KEAGAMAAN

OLEH: Yudhi Alhamdi Amras, S.Pd.I
     Tradisi keagamaan pada dasarnya merupakan pranata keagamaan yang sudah dianggap baku oleh masyarakat pendukungnya. Dengan demikian tradisi keagamaan sudah merupakan kerangka acuan norma dalam kehidupan dan perilaku masyarakat. Dan tradisi keagamaan sebagai pranata primer dari kebudayaan memang sulit untuk berubah, karena keberadaannya didukung oleh kesadaran bahwa pranata tersebut menyangkut kehormatan, harga diri dan jati diri masyarakat pendukungnya.
     Para ahli antropologi membagi kebudayaan dalam bentuk dan isi. Menurut bentuknya kebudayaan terdiri atas tiga, yaitu (Koentjaraningrat, 1986:80-90)
1.      Sistem kebudayaan (cultural system)
Sistem kebudayaan berwujud gagasan, pikiran, konsep, nilai-nilai budaya, norma-norma, pandangan-pandangan yang benruknya abstrak serta berada dalam pikiran para pemangku kebudayaan yang bersangkutan.
2.      Sistem sosial (social system)
Sistem sosial beruwud aktivitas, tingkah laku bepola, perilaku, upacara-upacara serta ritus-ritus yang wujudnya lebih konkret. Sistem sosial adalah bentuk kebudayaan dalam wujud yang lebih konkret dan dapat diamati.
3.      Benda-benda budaya (material culture)
Benda-benda budaya disebut juga sebagai kebudayaan fisik atau kebudayaan material. Benda budaya merupakan hasil tingkah laku dan karya pemangku kebudayaan yang bersangkutan.
Selanjutnya isi kebudayaan, menurut koenjaraningrat terdiri atas tujuh unsur, yaitu: bahasa, sistem teknologi, sistem ekonomi, organisasi sosial, sistem pengetahuan, religi dan kesenian. Dengan demikian dilihat dari bentuk dan isi, kebudayaan pada dasarnya merupakan suatu tatanan yang mengatur kehidupan suatu masyarakat. Kebudayaan merupakan lingkungan yang terbentuk oleh norma-norma dan nilai-nilai yang dipelihara oleh masyarakat pendukungnya. Nilai-nilai serta norma-norma yang menjadi pedoman hidup itu kemudian berkembang dalam berbagai kebutuhan masyarakat, sehingga terbentuk dalam satu sistem sosial. Dari sistem ini selanjutnya terwujud pula benda-benda kebudayaan dalam bentuk benda fisik.
Dalam kaitannya dengan pembentukan tradisi keagamaan, secara konkret, pernyataan Koentjaraningrat tersebut dapat digambarkan melalui proses penyiaran agama, hingga terbentuk suatu komunitas keagamaan. Sebagai contoh, masuknya agama kenusantara sejak abad keempat (Hindu Budha), ketujuh (Islam) dank e 16 (Kristen). Meskipun keempat agama tersebut disiarkan ke Nusantara dalam kurun waktu yang berbeda, namun pengaruhnya terhadap prilaku masyarakat pendukungnya di Indonesia masuh terlihat nyata.
Menurut Robert C, Monk, memang pengalaman agama umumnya bersifat individual. Tetapi karena pengalaman agama yang dimiliki umumnya selalu menekankan pada pendekatan keagamaan bersifat pribadi, hal ini senantiasa mendorong seseorang untuk mengembangkan dan menegaskan keyakinannya itu dalam sikap,tingka laku, dan praktek-praktek keagamaan yang dianutnya. Inilah sisi-sisi sosial (kemasyarakatan) yang meliputi unsur pemelihara dan pelestarian sikap para individu yang menjadi anggota masyarakat tersebut.
Bagaiman pengaruh tradisi keagamaan terhadap sikap keagamaan ini dapat dilihat dari contoh yang paling sederhana. Seorang muslim yang dibesarkan di lingkungan keluarga yang taat akan menunjukan sikap yang menolak ketika diajak masuk ke kelenteng, Pure dan Gereja. Sebalinya hatinya akan tenteram saat menjejakan kakinya ke Masjid. Demikian pula seorang penganut agama katolik dan agama yang lainnya akan mengalami hal yang serupa.

Dalam konteks pendidikan, tradisi keagamaan merupakan isi pendidikan yang bakal diwariskan generasi tua kepada generasi muda. Sebab pendidikan menurut Hasan Langgulung, dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu sudut pandang individu dan masyarakat. Dari sudut pandang individu, maka pendidikan diartikan sebagai upaya untuk mengembangakan potensi individu. Sedangkan dari sudut pandang masyarakat, pendidikan merupakan pewarisan nilai-nilai budaya oleh generasi tua kepada generasi berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar